Laman

Senin, 19 Desember 2011

Gol Tunggal David Silva Empaskan Arsenal





Manchester City mengamankan tripoin di Etihad Stadium kala menjamu Arsenal, Minggu (19/12) WIB. Gol tunggal dari David Silva sudah cukup untuk memaksa armada Arsene Wenger mengakui superioritas pasukan Roberto Mancini.


Tampil di rumah sendiri membuat the Citizens berinisiatif menyerang lebih dulu. Peluang pertama didapatkan Samir Nasri lewat tendangan bebas di menit kelima. Sayang, tendangannya mengarah tepat dipelukan kiper Wojciech Szczesny. City kembali menggebrak beberapa saat kemudian. Kali ini giliran aksi Sergio Aguero memaksimalkan umpan silang dari Silva. Namun sontekan striker Argentina itu masih melayang tak menemui target.




Digempur, Arsenal coba keluar dari tekanan. Di menit 17, dua kali pasukan Wenger menuai peluang. Pertama tembakan Gervinho masih menghasilkan corner, kemudian aksi Aaron Ramsey di luar kotak penalti  yg masih bisa digagalkan Joe Hart.


Pada menit ke-22, City kembali mendapatkan kans emas. Berawal dari kemelut di mulut gawang the Gunners, dan diakhiri dengan tembakan salto Mario Balotelli. Beruntung, Szczesny masih sigap mencegah aksi penyerang Italia itu menjadi gol.


Arsenal gantian mengirim ancaman. Tandukan van Persie pada menit ke-32 masih melebar. Namun dua menit berselang, tendangan dari striker asal Belanda itu membuahkan kemelut di depan gawang Hart, sayang Ramsey yg berada dalam situasi itu tak bisa mengoptimalkan menjadi gol. Lima menit jelang turun minum, tuan rumah nyaris memecah kebuntuan, aksi individu Aguero memperdaya dua bek Arsenal sebelum melepaskan tendangan datar keras, namun berkat aksi brilian Szczesny upaya sang striker kandas lagi.


Di pengujung 45 menit pertama, Gervinho melesatkan tembakan yang masih melayang jauh di atas mistar Hart yang menandakan skor kacamata di interval pertama.


Menginjak babak kedua publik tuan rumah pun bersorak riang di menit ke-52. Tendangan Balotelli di sisi kanan pertahanan Arsenal masih dapat ditangkis Szczesny, namun bola muntah yang melayang ditanduk Aguero mengarah tepat di kaki Silva yang berdiri sendiri untuk kemudian menceploskan bola ke gawang kosong. Skuad Roberto Mancini unggul satu bola.


Semenit berselang Theo Walcott coba membalas. Sayang tendangan jarak jauhnya hanya menghasilkan tendangan penjuru.


Arsenal sempat membalas di menit ke-55 melalui sontekan van Persie. Namun publik tamu harus kecele karena gol itu dianulir wasit, sang kapten berada dalam posisi offside.


Pada menit ke-62 dua kali City hampir menggandakan keunggulan andai tendangan keras Aguero dari sisi kiri belakang Arsenal tidak melebar, kemudian dilanjutkan oleh operan pendek Nasri ke kotak penalti tim tamu, akan tapi tidak ada yang menyambut. Gawang Szczesny kembali aman.


Semenit berselang Arsenal memperoleh peluang via van Persie. Ia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun upayanya terlalu pelan hingga memudahkan Hart mengamankan gawangnya.


Laga semakin memanas saat tendangan Pablo Zabaleta di menit ke-65 hanya menabrak tiang gawang tim tamu. Szczesny sempat terpaku melihat laju tembakan sang bek kiri.


Di sisa waktu yang ada, kedua tim tak lagi bisa lagi menghasilkan banyak kans berarti. City lebih memilih untuk merapatkan permainan. Sementara upaya demi upaya yang digencarkan Arsenal selalu pupus tak berbuah gol.


Namun di jelang laga bubar, Arsenal sempat dua kali membuat publik tuan rumah berdebar-debar saat tendangan Andrey Arshavin hanya melebar, lalu bola sepakan Thomas Vermaelen yang masih dapat dimentahkan Hart.


Hasil ini kembali menempatkan City di tampuk klasifika Liga Primer dengan mengoleksi 41 angka, sebelumnya posisi teratas sempat dirasakan Manchester United menyusul kemenangan 2-0 atas QPR. Adapun Arsenal, mereka tertap tertahan di posisi kelima dengan mengoleksi poin 29.



Sumber: goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar